About This Blog

Blllllllllllll

Selasa, 03 Maret 2015

Bukit Jamur Asal Jawa Timur



Ketika mendengar nama “ Bukit Jamur “, mungkin yang terbayang di benak kita adalah bukit dengan ratusan jamur di sana, tapi yang ada diJawa Timur ini bukanlah bukit yang seperti itu. Namanya memang bukit jamur atau sering disebut dengan mushroom rock, bukit yang penuh dengan batu batuan menyerupai jamur yang baru – baru ini sangat digemari masyarakat untuk dikunjungi. Bukit ini  awalnya adalah bekas tambang kapur yang meninggalkan bongkahan – bongkahan batu dari yang besar sampai yang kecil, bongkahan batu yang telah ditinggalkan oleh penambangnya tersebut mengalami erosi oleh angin.

Pada bagian atas batu terdiri dari material yang lebih padat dari pada yang ada dibawahnya, maka dari itu pengikisan oleh angin lebih cepat terjadi pada batu bagian bawah, sehingga hasil dari pengikisan tersebut terlihat seperti jamur, yang pada bagian bawahnya kecil sedangkan pada bagian atasnya berbentuk seperti payung atau jamur. Kabarnya, bukit jamur yang paling tinggi bisa mencapai ukuran setinggi 7 meter.
Keindahan alam yang ada dibukit jamur ini memang tidak usah diragukan lagi. Kondisi disekeliling  bukit yang masih sangat asri dengan perbukitan kapur dan pesawahannya, membuat mata yang memandang menjadi segar kembali, apalagi tempat seperti ini sangat cocok digunakan sebagai tempat tambahan para kolektor foto selfie atau para fotografer yang berburu keindahan tempat yang tidak biasa.
Jika mau mengunjungi bukit jamur, kalian harus memulainya dari Kota Gresik lalu menuju ke barat melewati jalur pantura, setelah kita melewati jembatan Sungai Bengawan Solo Sembayat, kita akan menjumpai pertigaan Bungah, dari pertigaan tersebut, belok kiri mengikuti petunjuk ke Dukun, sekitar 1 kilometer disisi kanan jalan, terdapat gang masuk ke area proyek pembangunan Perumahan Pondok Bungah Indah dan area pertambangan bukit kapur, setelah kita masuk gang, kemudian lurus saja hingga mentok, terdapat pertigaan, belok kiri, masuk dan tinggal ikuti saja jalan, dan bukit jamur akan terlihat di sisi kanan jalan.
Dan berikut kumpulan foto – foto cantik dari bukit jamur ini.


 








0 komentar:

Posting Komentar